Awal tahun 2018 sudah dimulai, masa pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016-2021 akan segera masuk ke pintu dua tahun pemerintahannya. Walaupun jika dikalkulasikan pemerintahan baru berjalan 1 tahun 8 bulan berdasarkan waktu pelantikan terhitung Februari 2016 lalu, dikarenakan masih melanjutkan program-program anggaran Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya. Namun, masyarakat sudah pantas untuk melihat kemajuan-kemajuan serta memberikan penilaian terhadap urusan-urusan pemerintahan apa saja yang perlu untuk ditingkatkan. Oleh karena itu, MY Institute melakukan survei “Menuju Dua Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Periode 2016-2021 di Mata Masyarakat Kabupaten Sumbawa”. Survei tersebut dilakukan sepanjang bulan November dengan periode waktu hingga Januari 2018.

Dari berbagai pertanyaan survei yang diberikan kepada masyarakat, peneliti-peneliti merujuk pada visi misi utama Husni-Mo yang dilontarkan saat kampanye sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016-2021 lalu. Diantaranya pada urusan Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Pariwisata, Keagamaan, Reformasi Birokrasi, Pengelolaan Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia yang jika disimpulkan adalah keadilan untuk mendapatkan akses pelayanan pemerintah yang baik untuk seluruh masyarakat, sehingga mampu “Terwujudnya Masyarakat Sumbawa yang Berdaya Saing, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Semangat Gotong Royong” berdasarkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016-2021.

Dari berbagai alasan di atas, maka peneliti telah melaksanakan survei dan kini menyusun laporan survei yang dapat dijadikan rekomendasi atau masukan terhadap pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016-2021. Dari laporan ini, peneliti perlu memberikan beberapa catatan serta korelasi antar isu. Dalam artian, segala isu dan pertanyaan yang diangkat oleh peneliti saling terkait satu sama lain.

Laporan ini disusun semata-mata bertujuan sebagai masukan kepada pemerintah, serta menunjukkan penilaian masyarakat terhadap kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016-2021 yang telah berjalan selama dua tahun hingga tiga tahun kepemimpinannya mendatang.

Penilaian Masyarakat terhadap Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Periode 2016-2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *